1.
Pengertian Perencanaan dan Pembelajaran
Berikut ini akan dipaparkan beberapa pengertian perencanaan
pembelajaran menurut para ahli (Afandi 2009: 147) diantaranya: (a) Ibrahim,
menyatakan bahwa perencanaan pembelajaran mencakup kegiatan merumuskan tujuan
mengenai hal-hal yang ingin dicapai dalam suatu kegiatan; (b) Baghart dan
Trull, menyatakan perencanaan merupakan awal dari seluruh proses yang rasional,
dan mengandung sifat optimisme yang berlandaskan atas kepercayaan bahwa akan
mampu mengatasi berbagai permasalahan dalam konteks pembelajaran; (c) Toeti
Soekamto, menyatakan perencanaan pembelajaran sebagai suatu usaha yang
dilakukan untuk mempermudah proses belajar mengajar; (d) Nana
Sudjana,menyatakan bahwa perencanaan pembelajaran merupakan kegiatan memproyeksikan
tindakan apa yang akan dilaksanakan dalam suatu proses pembelajaran dengan mengkoordinasikan
komponen-komponen pembelajaran, sehingga tujuan, materi, cara penyampaian
materi, dan evaluasi yang menjadi jelas dan sistematis.
Berdasarkan beberapa pendapat tersebut dapat
disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran merupakan suatu kegiatan awal yang
dilakukan dengan cara mengatur dan menetapkan komponen-komponen dalam
pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Perencanaan pembelajaran pada dasarnya
merupakan suatu pedoman mengajar bagi guru dan menjadi pedoman belajar bagi
siswa.
2.
Prinsip-prinsip Perencanaan Pembelajaran
Terdapat beberapa prinsip dalam perencanaan
pembelajaran yang harus diperhatikan agar proses belajar mengajar dapat
berjalan dengan efektif. Beberapa prinsip perencanaan pembelajaran menurut
Sagala dalam Afandi (2009: 150) yaitu:
a.
Menetapkan apa
yang akan dilakukan oleh seorang guru, dan menetapkan kapan dan bagaimana cara
melakukannya dalam pembelajarannya.
b.
Membatasi
sasaran dan menetapkan pelaksanaan kerja untuk mencapai hasil yang maksimal
melalui penentuan target pembelajaran.
c.
Mengembangkan
berbagai alternatif-alternatif yang dapat dilakukan dalam strategi pembelajaran
d.
Mengumpulkan berbagai
informasi mengenai hal-hal apa saja yang dapat mendukung pembelajaran
e.
Mempersiapkan
dan mengkomunikasikan rencana-rencana dan keputusan-keputusan yang berkaitan
dengan pembelajaran kepada pihak yang berkepentingan.
3.
Bentuk-Bentuk Perencanaan Pembelajaran
Seorang guru berperan sebagai perencana, oleh sebab
itu seorang guru harus mampu memutuskan bentuk perencanaan seperti apakah yang
sesuai dengan ruang lingkup pekerjaan yang dibebankan oleh guru. Makean dalam
Afandi (2009: 152) membagi bentuk-bentuk perencanaan pembelajaran ke dalam
jenis yaitu:
a.
Perencanaan
jangka panjang (long range planning)
Perencanaan
jangka panjang bermaksud untuk mengembangkan dan memelihara perspektif yang
berkenaan dengan konsep secara menyeluruh tentang pembelajaran yang akan
diberikan.
b.
Perencanaan
jangka pendek (short range planning)
Perencanaan
jangka pendek harus fleksibel dan dapat disesuaikan serta harus terarah pada
kegiatan pembelajaran harian dalam kelas.
c.
Unit pelajaran (lesson unite)
Unit
pelajaran dikenal dengan satuan pelajaran. Dalam perencanaan ini siswa
hendaknya diberikan kesempatan memberikan kontribusinya terhadap perencanaan.
Kesempatan ini kan memperkaya kemungkinan untuk mencapai tujuan instruksional.
4.
Komponen-komponen perencanaan pembelajaran
Perencanaan pembelajaran dapat diartikan sebagai
suatu rangkaian yang saling berkaitan dan saling menunjang antara berbagai
komponen yang ada dalam pembelajaran yang meliputi kegiatan mengkoordinasi,
mengatur dan menetapkan komponen-komponen dalam pembelajaran. Berikut ini akan
dipaparkan beberapa komponen dalam pembelajaran yaitu (Afandi 2009: 154):
a.
Tujuan
Pembelajaran
Tujuan
pembelajaran merupakan rumusan pernyataan mengenai kemampuan atau kualifikasi
tingkah laku yang diharapkan dapat dimiliki/dikuasai siswa setelah mengikuti pembelajaran.
b.
Bahan
ajar/Materi Pembelajaran
Bahan
ajar/materi pembelajaran berisi tentang materi yang akan dipelajari oleh siswa dan
harus direncanakan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran harus
disusun secara sistematis dan melihat Garis-Garis Besar Program Pembelajaran
(GBPP) pada setiap mata pelajaran yang bersangkutan. Dalam prosesnya harus
dipetimbangkan sumber belajar yang menunjang terhadap pengembangan kemampuan
siswa.
c.
Kegiatan Belajar
Mengajar
Dalam
kegiatan pembelajaran harus memprioritaskan aktivitas siswa. Komponen ini
cenderung pada proses pembelajaran dengan memadukan antara materi yang
dipelajari dengan cara untuk mempelajarinya. Kegiatan pembelajaran harus
dilaksanakan secara sistematis, efektif dan efisien serta berorientasi pada
tujuan pembelajaran.
d.
Evaluasi
Evaluasi
belajar harus dilaksanakan pada kegiatan pembelajarn, yang meliputi evaluasi
awal pembelajaran, evaluasi proses pembelajaran, dan evaluasi akhir pembelajaran.
Evaluasi awal pembelajaran dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa,
evaluasi proses pembelajaran dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam
perbuatan, tindakan (kinerja) secara proses, dan evaluasi akhir pembelajaran
dilakukan untuk mengetahui sejauhmana tingkat kemampuan siswa setelah mengikuti
kegiatan belajar mengajar.
5.
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Pada hakekatnya penyusunan RPP bertujuan untuk
merancang pengalaman belajar siswa untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Acuan
alur pikir yang digunakan sebagai alternatif dalam penyusunan RPP yaitu
(Baharudin, 2011: 76):
a.
Kompetensi yang
akan dicapai
b.
Indikator-indikator
yang menunjukkan hasil belajar dalam bentuk perilaku yang menggambarkan
pencapaian kompetensi dasar
c.
Tujuan
pembelajaran yang merupakan bentuk perilaku terukur dari setiap indikator
d.
Materi dan
uraian materi yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa agar dapat mencapai
tujuan dalam pembelajaran
e.
Metode-metode
yang akan digunakan dengan menyesuaikan karakteristik siswa
f.
Langkah-langkah
penerapan metode yang dipilih
g.
Sumber dan media
belajar yang terkait dengan aktivitas pengalaman belajar siswa.
h.
Penilaian yang
sesuai untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
Sumber:
Afandi, Muhammad. 2009. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Dasar.
(online). http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:VF1rhHXOSY0J:download.portalgaruda.org/article.php%3Farticle%3D325577%26val%3D7660%26title%3DPERENCANAAN%2520PEMBELAJARAN%2520PENDIDIKAN%2520DASAR+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id.
Diakses pada tanggal 1 Maret 2018.
Badarudin dan Afandi, Muhammad.
2011. Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.
Nama : Winda Riska Noviani
NPM : 15.601050.043
Lokal : B (PGSD 2015)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar